Dayango: Difference between revisions
Lia de Ornay (talk | contribs) (Created page with "{{Dayango: Ritual Meminta Hujan dan Pengobatan}} Menurut Ipong Niaga, peneliti Dayango yang juga mengajar di Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), ritual Dayango bertujuan untuk memohon kedatangan hujan agar kesuburan tanaman, baik yang ditanam di kebun-kebun masyarakat maupun tanaman liar di hutan kembali pulih. Selain itu, ritual ini bertujuan untuk memohon kesehatan bagi manusia dan hewan ternak. Dayango biasa diadakan pada musim pacek...") |
Lia de Ornay (talk | contribs) No edit summary |
||
| (6 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
| Line 1: | Line 1: | ||
== ''Dayango'': Ritual Meminta Hujan dan Pengobatan == | |||
Ritual '''''Dayango''''' bertujuan untuk memohon kedatangan hujan agar kesuburan tanaman, baik yang ditanam di kebun-kebun masyarakat maupun tanaman liar di hutan kembali pulih. Selain itu, ritual ini bertujuan untuk memohon kesehatan bagi manusia dan hewan ternak<ref>Ipong Niaga - peneliti ''Dayango'' yang juga mengajar di Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG)</ref>. | |||
''Dayango'' biasa diadakan pada musim paceklik, ketika rasi bintang ayam sedang berada di atas langit, yang ditandai dengan tanah pecah-pecah, air mengering, tanaman layu, hama merebak, banyak ternah terjangkit wabah penyakit, dan termasuk manusia ikut sakit. | |||
Dayango biasa diadakan | "''Dayango'' biasa diadakan jika selama enam bulan tidak turun hujan," Kata Bali Pano<ref>Bali Pano - Salah satu tokoh masyarakat di Desa Liyodu</ref>. | ||
== Arti ''Dayango'' == | |||
''Dayango'' berasal dari kata ''daya-daya'' dan ''motiyango''. ''Daya-daya'' berarti membuat janji, permohonan kepada ''Sang Eya'', zat tertinggi di alam semesta dalam kepercayaan [https://gorontaloprov.go.id/ Gorontalo] Kuno. Sedangkan ''motiyango'' memanggil. | |||
Dayango | == Ritual ''Dayango'' == | ||
Ritual ini dimaksudkan untuk memanggil para ''Latti'' yang bekerja merawat alam, memelihara tanaman, dan mengusir penyakit-penyakit yang menyerang makhluk hidup. Mereka percaya, masalah-masalah ini muncul karena tidak ada harmonisasi antara alam sakral dan alam profan, alam ''Latti'' dan alam manusia. Biasanya pada puncak acara akan terjadi ''trance'' menari di kalangan hadirin yang mengikuti ritual, sebagai tanda manusia dan ''Latti'' berpapasan untuk mengatur keseimbangan baru. | |||
Waktu penyelenggaraan ritual ini tergantung skala masalah yang dihadapi. Jika untuk pengobatan manusia saja, bisa hanya satu malam. Namun, jika untuk manusa dan tanaman dalam satu desa, ritual bisa mengambil waktu tiga malam secara tidak berurutan (misal, Jumat, Senin, dan Jumat berikutnya). Untuk wilayah yang lebih luas, banyak desa misalnya, bisa diselenggarakan hingga setiap hari Jumat selama tiga bulan. | |||
Sesajian yang disiapkan berupa hasil bumi (pisang, ubi, talas, padi, nanas, pinang, gula merah, dan kelapa), ayam dan telur, nasi kuning, bubur merah dan putih, ketupat dan beberapa rempah. Juga, ''bayu tumbo’o'' yaitu kelapa muda sebanyak 14 butir yang berfungsi untuk menampung penyakit. Jumlah sesaji bisa berlipat ganda untuk ritual yang besar. Selesai upacara, sesaji akan dilarung di sungai. Ritual ''Dayango'' kini jarang dipraktikkan. Pemerintah Kecamatan, Kepolisian, dan Kantor Koramil melarangnya. Beberapa desa di daerah terpencil kadang melakukannya secara diam-diam. | |||
== Sumber: == | |||
Lopulalan, Dicky dan Palupi Nirmala. 2021. [https://drive.google.com/file/d/1Axa5TnZ0-CsCc1x7CB1j26fTQva7V20y/view?usp=drive_link Sangia, Hui, Sang Hyang Dollar, dan Para Pembaca Bintang]. Jakarta: Terasmitra dan Kapasungu dan didukung oleh GEF SGP Indonesia (hal. 199) | |||
[[Category:Kemampuan membaca alam]] | |||
[[Category:Gorontalo]] | |||
Latest revision as of 08:17, 7 January 2025
Dayango: Ritual Meminta Hujan dan Pengobatan
Ritual Dayango bertujuan untuk memohon kedatangan hujan agar kesuburan tanaman, baik yang ditanam di kebun-kebun masyarakat maupun tanaman liar di hutan kembali pulih. Selain itu, ritual ini bertujuan untuk memohon kesehatan bagi manusia dan hewan ternak[1].
Dayango biasa diadakan pada musim paceklik, ketika rasi bintang ayam sedang berada di atas langit, yang ditandai dengan tanah pecah-pecah, air mengering, tanaman layu, hama merebak, banyak ternah terjangkit wabah penyakit, dan termasuk manusia ikut sakit.
"Dayango biasa diadakan jika selama enam bulan tidak turun hujan," Kata Bali Pano[2].
Arti Dayango
Dayango berasal dari kata daya-daya dan motiyango. Daya-daya berarti membuat janji, permohonan kepada Sang Eya, zat tertinggi di alam semesta dalam kepercayaan Gorontalo Kuno. Sedangkan motiyango memanggil.
Ritual Dayango
Ritual ini dimaksudkan untuk memanggil para Latti yang bekerja merawat alam, memelihara tanaman, dan mengusir penyakit-penyakit yang menyerang makhluk hidup. Mereka percaya, masalah-masalah ini muncul karena tidak ada harmonisasi antara alam sakral dan alam profan, alam Latti dan alam manusia. Biasanya pada puncak acara akan terjadi trance menari di kalangan hadirin yang mengikuti ritual, sebagai tanda manusia dan Latti berpapasan untuk mengatur keseimbangan baru.
Waktu penyelenggaraan ritual ini tergantung skala masalah yang dihadapi. Jika untuk pengobatan manusia saja, bisa hanya satu malam. Namun, jika untuk manusa dan tanaman dalam satu desa, ritual bisa mengambil waktu tiga malam secara tidak berurutan (misal, Jumat, Senin, dan Jumat berikutnya). Untuk wilayah yang lebih luas, banyak desa misalnya, bisa diselenggarakan hingga setiap hari Jumat selama tiga bulan.
Sesajian yang disiapkan berupa hasil bumi (pisang, ubi, talas, padi, nanas, pinang, gula merah, dan kelapa), ayam dan telur, nasi kuning, bubur merah dan putih, ketupat dan beberapa rempah. Juga, bayu tumbo’o yaitu kelapa muda sebanyak 14 butir yang berfungsi untuk menampung penyakit. Jumlah sesaji bisa berlipat ganda untuk ritual yang besar. Selesai upacara, sesaji akan dilarung di sungai. Ritual Dayango kini jarang dipraktikkan. Pemerintah Kecamatan, Kepolisian, dan Kantor Koramil melarangnya. Beberapa desa di daerah terpencil kadang melakukannya secara diam-diam.
Sumber:
Lopulalan, Dicky dan Palupi Nirmala. 2021. Sangia, Hui, Sang Hyang Dollar, dan Para Pembaca Bintang. Jakarta: Terasmitra dan Kapasungu dan didukung oleh GEF SGP Indonesia (hal. 199)
